Penelitian yang dilakukan dengan melakukan kegiatan mencermati suatu objek menggunakan
metodologi tertentu untuk memperoleh data bersifat untuk meningkatkan mutu yang ditujukan
kepada peserta didik yang sedang belajar dimana sebelum maupun saat penelitian subjek peelitian
tidak diberikan tindakan.
Penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki insiden, kondisi atau hal-hal lain yang sudah
disebutkan, kemudian hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian.
10. Penelitian Etnografi
Penelitian yang menggunakan kebudayaan untuk diteliti dengan mempelajari latar belakang
kebudayaan responden atau perilaku yang biasa ditunjukkan.
11. Penelitian Grounded Theory
Metode penelitian kualitatif yang menggunakan sejumlah prosedur sistematis untuk
mengembangkan teori dari kancah atau menemukan teori dasar.
12. Penelitian Fenomenologi
Penelitan yang dilakukan dengan cara menangkap fenomena atau gejala yang memancar. Objek
yang diteliti dan peneliti kemudan memberikan hasil interpretasi terhadap gejala tersebut.
Dalam melakukan penelitian akan ditemui beberapa istilah-istilah yang menyangkut hal-hal yang dibutuhkan. Istilah-istlah itu antara lain:
1. Rumusan Masalah
Serangkaian pernyataan yang digunakan untuk menyatakan secara tersurat hal-hal yang akan dicari jawabannya melalui penelitian. Rumusan masalah merupakan pernyataan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup yang akan diteliti berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah. Disusun secara jelas, singkat dan operasional.
contoh: Rumusan masalah yang dihasilkan dari pertanyaan "Bagaimana kegiatan berdo'a mampu meningkatkan konsentrasi anak autis?"
2. Identifikasi Masalah
langkah awal dari kegiatan penelitian dengan memilih masalah supaya mendapat jawaban dari masalah yang dihadapi. Untuk mengidentifikasi masalah maka peneliti bisa membaca dari buku atau dari permasalahan yang diperoleh peneliti. Penelit harus memilih masalah yang paling sesuai.
contoh : seorang guru selalu menjumpai siswanya melihat keluar saat sedang belajar dikelas. Kalau tidak anak tersebut selalu melihat kesana kemari, dalam keadaan tidak tenang. Diruang guru terdengar keluhan yang sama dari guru lain. Anehnya anak tersebut selalu mendapat nila baik dari pelajaran apapun. Timbul keinginan guru-guru untuk mengadakan penelitian kasus terhadap anak tersebut.
3. Tujuan
Tujuan dari penelitian yang sejalan dengan rumusan masalah yang mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian.
contoh: untuk mengetahui keunggulan siswa dalam belajar menyusun kalimat, maka dapat diketahui dengan menggunakan kartu kata.
4. Variabel
Gejala yang bervariasi dimana gejala berupa objek penelitian dengan kata lain variabel adalah objek penelitian yang bervariasi.
contoh: variabel kualitatif dapat berupa kepandaian, variabel kuantitatif dapat berupa umur, atau variabel bebas berupa kualitas guru, variabel terikat berupa prestasi belajar siswa.
5. Populasi
Keseluruhan subjek peneltian.
contoh : semua mahasiswa yang terdaftar mengambil mata kuliah tertentu.
6. Sampel
Sebagian dari populasi atau wakil dari populasi yang diteliti.
contoh: dari contoh populasi diambl sampel beberapa mahasiswa yang dapat menggambarkan populasi.
7. Hipotesis
Dugaan ataupun rumusan sementara untuk dibuktkan melalui penelitian.
contoh : jika siswa rajin belajar maka nilai siswa akan baik.
8. Informan
Orang yang memberikan informasi.
contoh : peneliti mewawancarai mahasiswa A maka mahasiswa A bertundak sebagai informan.
9. Sumber Data
Subjek darimana data dapat diperoleh
contoh : peneliti yang mengamati perubahan perilaku siswa, maka sumber datanya disini adalah siswa.
10. Setting Penelitian
Pengaturan segala hal yang digunakan untuk melakukan penelitian dan untuk mendapatkan hasl penelitian.
contoh: penelitian yang disetting untuk dilakukan dikamar pribadi subjek penelitian di rumah orangtuanya. Ruangan tersebut berukuran 4x4 meter, di dalam kamar ada meja dan kursi sehingga subek penelitian dapat melakukan pekerjaannya secara bebas. Peneliti menunggu kira-kira 2 meter di belakang subjek. Data dikumpulkan selama 3 bulan dengan menggunakan kamera video.
11. Subjek Penelitian
subjek yang dituju untuk diteliti oleh peneliti.
contoh: penelitian tentang kemampuan mahasiswa dalam membuat karya tulis ilmiah. Maka mahasiswa bertindak sebagai subjek penelitian.
12. Asumsi
Anggapan dasar tentang suatu hal yang djadikan pijakan berpikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian.
contoh : anggapan dasar peneliti tentang penggunaan media dalam pembelajaran.
13. Definisi Operasional
Penjeasan atau definisi dari variabel yang telah dipilih oleh peneliti.
contoh: variabel berupa umur, definisi operasionalnya adalah umur responden yang dihitung sejak tanggal lahir sampai dengan waktu penelitian yang dinyatakan dalam tahun.
14. Manfaat Penelitian Teoritis dan Praktis
Manfaat teoritis berisi kegunaan hasil penelitian dalam pengembangan teori atau khasanah keilmuan tertentu.
Manfaat Praktis berisi kegunaan hasil penelitian bagi pengembangan kerja para praktisi.
contoh manfaat teoritis: hasil penelitian mengenai kemampuan berekspresi anak tunanetra.
contoh manfaat praktis: hasl penelitian tindakan kelas yang bermanfaat untuk pengembangan gcara mengajar guru dan pengembangan siswa.
15. Instrumen
alat pada aktu penelitian yang menggunakan suatu metode.
contoh: kuesioner yang digunakan untuk instrumen dengan metode kuesioner.
16. Generalisasi
Proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum.
conntoh : semua anak kesulitan belajar selalu mendapat nilai jelek.
17. Transferable
Metode penelitian yang digunakan..
contoh: metode pretest and posttest
18. Signifikansi Penelitian
Suatu hal yang menyatakan tingkat kebenaran yang tidak bisa lepas dari suatu persoalan.
contoh: hasil penelitian memiliki signifikansi sebesar 0,02% artinya persentasi peneltian memlik kebenaran sebesar 28% dimana kemungkinan terjadinya kesalahan hanya 2% saja .
19. Kerangka Pikir Penelitian
Penjelasan sementara terhadap suatu gejala yang menjadi objek permasalahan.
contoh: subjek penelitian adalah prestasi belajar lalu dikaitkan denganteori belajar. Keterkaitan 2 variabel tersebut sedapat mungkin dilengkapi dengan teori atau penelitian terdahulu. Pada bagian akhir kerangka berpikir, disajikan hubungan antara keseluruhan variabel dilengkapi dengan bagan yang menggambarkan hubungan antar variabel penelitian.
Setelah mengetahui sekilas megenai metodologi penelitian maka pembuatan proposal penelitian siap dilakukan, berikut adalah link dari file proposal penelitian terkait tugas metodologi penelitian yang diampu oleh Dr.Yuliyati, M.Pd. link dapat dicopi kemudian paste dan enter pada kolom pencarian link di bagian atas pada aplikasi anda.
Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam pembuatan proposal SELAMAT BELAJAR
https://drive.google.com/open?id=0B2zd8K3hCgCXT3VyeWZ0OWZkNzg
https://drive.google.com/file/d/0B2zd8K3hCgCXT3VyeWZ0OWZkNzg/view?usp=sharing
untuk link silahkan copi paste pada new tab untuk mendapatkan file.
BalasHapusTugas ini didukung oleh yuliyatiunesa.wordpress.com