Teori pemerolehan bahasa "teori mentalisme" - Perpustakaan Sekolah Artefak SDN Sulung Surabaya

Terbaru

Selasa, 25 Oktober 2016

Teori pemerolehan bahasa "teori mentalisme"

Pengajaran bahasa ditandai oleh adanya proses belajar bahasa (learning language), dan belajar melalui bahasa (learning through language).

Bruner  (1960) mengatakan, bahwa proses belajar tersebut terjadi dalam 3 (tiga) episode yakni : informasi, transformasi, dan evaluasi. 
Yang dimaksud dengan informasi adalah proses penjelasan,penguraian atau pengarahan mengenai prinsip-prinsip struktur pengetahuan, keterampilan, sikap yang diharapkan setelah siswa melaksanakan proses belajar.
Adapun transformasi adalah proses peralihan atau pemindahan prinsip-prinsip struktur pengetahuan, keterampilan, dan sikap kedalam diri siswa pada saat pelaksanaan proses belajar.
Sedangkan yang dimaksud dengan evaluasi adalah taraf penilaian untuk mengukur pencapaian siswa  terhadap struktur pengetahuan, keterampilan dan sikap setelah siswa melaksanakan proses pembelajaran atau setelah guru menstranformasikan. (Hidayat,1987)

Aliran chomsky dikenal juga aliran mentalis atau aliran rasional. Aliran ini bertolak belakang dengan aliran metabolisme dalam teori pemeriksaan bahasa. Chomsky menyebut alat pemeriksaan bahasa itu Language Acquisition Device atau disebut LAD. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
terjun di bidang pendidikan khusus, menjadi praktisi, pendidik di jenjang TK, dan kini menjadi pendidik di SD umum merupakan pengalaman dengan berbagai macam rasa. Melalui blog ini semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Halaman